Quran Surat Hud Ayat 35

Quran Surat Hud Ayat 35
أَمْ يَقُولُونَ افْتَرَاهُ ۖ قُلْ إِنِ افْتَرَيْتُهُ فَعَلَيَّ إِجْرَامِي وَأَنَا بَرِيءٌ مِمَّا تُجْرِمُونَ
Am yaqooloona iftarahu qul ini iftaraytuhu faAAalayya ijramee waana bareeon mimma tujrimoona

 

Quran surat 35 ayat Hud

QS 11:35 terjemah kementrian agama republik indonesia

11|35|Malahan kaum Nuh itu berkata: “Dia cuma membuat-buat nasihatnya saja”. Katakanlah: “Jika aku membuat-buat nasihat itu, maka hanya akulah yang memikul dosaku, dan aku berlepas diri dari dosa yang kamu perbuat”.

QS 11:35 tafsir jalalain

11|35|(Bahkan) malahan (mereka mengatakan) yang dimaksud adalah orang-orang kafir Mekah (“Dia cuma membuat-buatnya saja.”) artinya Muhammad hanya membuat-buat Alquran saja (Katakanlah, “Jika aku membuat-buatnya, maka hanya akulah yang memikul dosanya) azab sebagai akibat dari perbuatan itu (dan aku berlepas diri dari dosa yang kalian lakukan.”) yaitu dosa tuduhan kalian yang mencap diriku sebagai pembuat Alquran.

QS 11:35 tafsir Quraish Shihab

11|35|Semua ini merupakan kisah yang benar-benar terjadi. Lalu bagaimana orang-orang musyrik menyikapi kisah ini? Apakah mereka berkata, “Itu hanya omong kosong belaka,” Jika mereka menganggap demikian, maka katakanlah wahai Rasul, “Jika aku hanya mengarang-ngarang sesuatu yang tidak benar mengenai Allah seperti dugaan kalian, sungguh hal itu merupakan tindak kejahatan yang besar, dan biar aku sendiri dan yang menanggung dosanya. Tapi jika ternyata aku benar, maka kalianlah yang melakukan kejahatan, dan aku tidak bertanggung jawab atas akibat-akibat kejahatan kalian itu.”

QS 11:35 terjemah Muhammad Basmeih (Malaysia)

11|35|(Mereka terus berdegil), bahkan mereka menuduh dengan mengatakan Nabi Nuh sengaja mengada-adakan secara dusta: bahawa Tuhan mengurniakan pangkat Nabi kepadanya. Nabi Nuh diperintahkan menjawab dengan berkata: “Kalau aku yang mereka-reka wahyu itu maka akulah yang akan menanggung dosa perbuatanku itu, dan sebenarnya aku bersih dari dosa kesalahan kamu menuduhku”.

QS 11:35 update tafsir 11 ayat 35

 

sebelumnya = QS 11:34 Hud ayat 34

selanjutnya = QS 11:36 Hud ayat 36

 

Quran Surat Hud Ayat 35 huruf arab, bacaan text latin dan terjemah bahasa indonesia oleh kementrian agama republik indonesia, tafsir jalalain, tafsir quraish shihab, serta terjemah bahasa malaysia oleh muhammad basmeih.

Leave a Reply