Quran Surat Al Qalam Ayat 1

Quran Surat Al Qalam Ayat 1
ن ۚ وَالْقَلَمِ وَمَا يَسْطُرُونَ
Noon waalqalami wama yasturoona

 

Quran surat 1 ayat Al Qalam

QS 68:1 terjemah kementrian agama republik indonesia

68|1|Nun, demi kalam dan apa yang mereka tulis,

QS 68:1 tafsir jalalain

68|1|(Nun) adalah salah satu dari huruf hijaiah, hanya Allahlah yang mengetahui arti dan maksudnya (demi qalam) yang dipakai untuk menulis nasib semua makhluk di Lohmahfuz (dan apa yang mereka tulis) apa yang ditulis oleh para malaikat berupa kebaikan dan kesalehan.

QS 68:1 tafsir Quraish Shihab

68|1|[[68 ~ AL-QALAM (PENA) Pendahuluan: Makkiyyah, 52 ayat ~ Surat ini berisikan pembelaan terhadap Rasululah saw. dan pemantapan keinginan hatinya agar tetap teguh pada kebenaran tanpa harus mengalah pada siapa pun. Dalam surat ini, siksa yang diterima oleh penduduk Mekah dianalogikan dengan apa yang diderita oleh pemilik kebun yang ceritanya dituturkan di dalam surat ini. Diterangkan juga berita gembira untuk orang-orang Mukmin dari sisi Tuhan dan bahwa mereka itu tidak sama dengan orang-orang kafir. Selain itu, surat ini berisi penolakan terhadap kepalsuan para pendusta yang menyandangkan sesuatu yang tidak benar untuk diri mereka, ancaman terhadap mereka berupa penjelasan keadaan mereka di akhirat dan nasehat kepada Rasulullah saw. untuk selalu sabar dan tabah. Surat ini ditutup dengan keterangan tentang kemuliaan al-Qur’ân.]] Nûn adalah salah satu huruf fonemis yang digunakan untuk memulai sebagian surat-surat al-Qur’ân sebagai tantangan kepada orang-orang yang mendustakannya dan gugahan terhadap orang-orang yang mempercayainya.

QS 68:1 terjemah Muhammad Basmeih (Malaysia)

68|1|Nuun. Demi Pena dan apa yang mereka tulis, –

QS 68:1 update tafsir 68 ayat 1

 

sebelumnya = QS 67:30 Al Mulk ayat 30

selanjutnya = QS 68:2 Al Qalam ayat 2

 

Quran Surat Al Qalam Ayat 1 huruf arab, bacaan text latin dan terjemah bahasa indonesia oleh kementrian agama republik indonesia, tafsir jalalain, tafsir quraish shihab, serta terjemah bahasa malaysia oleh muhammad basmeih.

Leave a Reply